bintang biru

Senin, 28 Januari 2013

Cara mengatasi memory hp (mmc,mikro sd,) yang tidak terbaca


Kalau file-file yang ada di memory card tiba tiba tidak terbaca, dalam arti, tadinya terbaca, terus tanpa sebab yang jelas, langsung tidak bisa terbaca. Pertama cek dulu memory card-nya, caranya :
Pasang memory card tersebut di ponsel yang lain atau di memory card reader, lihat apakah file-file yang ada di dalamnya bisa terbaca atau tidak. Kalau terbaca, berarti memory card tersebut tidak rusak. Kalau tidak terbaca, berarti  harus beli lagi yang baru
Kalau memory card dalam kondisi baik. Berarti ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi, antara lain :
  • Konektor memory card kotor.Konektor memory card terletak di lubang (slot) tempat kita memasukkan memory card di ponsel. Konektor memory card tersebut terbuat dari kuningan, kadang bisa kotor karena debu. Coba bersihkan konektor memory card memakai kapas yang dibasahi alkohol.
  • Konektor memory card ada yang rusak atau putus. Bawa saja ke tempat servis ponsel dan minta ganti konektor memory card-nya. Biayanya tidak terlalu mahal kok, kalau didaerah saya sekitar 15rb.
  • MMC SW Detektor (biasanya orang menyebutnya IC Memory Card) rusak. Kalau memory cardnya baik, terus konektor memory card-nya juga nggak ada masalah, bisa disimpulkan MMC SW Detektor (biasanya orang menyebutnya IC Memory Card) yang rusak. Tapi kadang bukan komponen utama MMC SW Detektor yang rusak(bukan IC nya), kadang komponen komponen kecil seperti kapasitor, resistor, transistor yang berfungsi sebagai pengatur tegangan dan arus masuk ke IC itu yang rusak. Bawa aja ke tempat servis ponsel untuk memperbaikinya.
Ada juga sedikit kasus yang hampir sama, dulu saya pernah menyalin beberapa file dari komputer ke ponsel menggunakan kabel data dengan modus “Penyimpanan Massal” pada ponsel Nokia 5320 XM milik saya. Setelah itu semua data di kartu memori tidak dapat terbaca. Setelah saya cari tahu, ternyata ada virus dari komputer yang meng-hidden semua file di kartu memori. Jadi kalau nanti hal ini terjadi pada para sahabat sekalian, tidak usah bingung. Karena kita tinggal mengembalikan attribut semua file tersebut sebagai arsip. Atau bisa juga memanfaatkan Antivirus pada komputer untuk memperbaiki file-file yang ada.demikian dari share handphone semoga bermanfaat terimakasih wassalam